Minggu, 15 Mei 2011

Sedikit tentang Kebendaharaan Negara/Anggaran

Kebendaharaan Negara atau Anggaran. Dari namanya, mungkin semua orang berpikir bahwa lulusan dari sini akan menjadi bendahara negara yang menyimpan dan mengelola uang negara (sama seperti bendahara lainnya). Jika kalian salah satu orang yang berpikir demikian, logika kalian berarti masih normal. Yah, lulusan dari kebendaharaan negara disiapkan untuk menjadi tenaga ahli madya yang berkompeten dibidang perbendaharaan negara. Bidang kerja bendahara negara sangat banyak dan luas, antara lain mengurus penerimaan negara, mengelola kekayaan dan barang milik negara, mengurus kas negara, investasi aset dan kekayaan negara, dan lainnya.

Spesialisasi ini juga sering disebut anggaran, mengapa? Karena dispesialisasi ini kita juga diajarkan mengenai penyusunan anggaran dan belanja negara, atau yang lebih kerennya dikenal dengan sebutan APBN. Kita akan diajarkan tentang penerimaan negara, belanja negara, sumber-sumber pendapatan negara seperti pajak atau bukan pajak, dan masih banyak lainnya.

Penempatan lulusan spesialisasi ini antara lain DJPBN (Dirjen Perbendaharaan), DJA (Dirjen Anggaran), KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara). Namun, masih banyak instansi yang membutuhkan lulusan dari spesialisasi ini antara lain BPK, BPPK

Menjadi mahasiswa spesialisasi ini banyak suka, suka dan sukanya. Salah satunya adalah karena mata kuliah spesialisasi ini jarang diajarkan di kampus lain, jadi beberapa materi kuliah langsung berasal dari dosennya. Jangan harap semua buku literatur mengenai spesialisasi ini beredar banyak di toko buku (tapi kalau cari di cari di jogja, deket taman pintar bnyak jual buku2 literaturnya, dari pengalaman ku). Tapi jangan berkecil hati, materi kuliah biasanya sudah dipaketkan secara sistematis dari dosen dalam bentuk modul. Buku-buku dari perpustakaan juga dapat dijadikan faktor penunjang.

Banyak yang kabar bahwa spesialisasi ini merupakan salah satu spesialisasi yang paling santai di STAN dan paling sedikit DO tiap tahunnya. Saya juga agak kurang paham informasi ini awal mulanya muncul dari mana. Tapi menurut saya dan teman-teman satu spes, kabar kuno ini cenderung menyesatkan. Kuliah di spes ini harus selalu update dengan seabrek peraturan pemerintah yang dijadikan materi kuliah, kritis terhadap situasi ekonomi, politik dan sosial masyarakat, makalah ini-itu, laporan, diskusi dan lainnya. Tapi jangan dianggap beban, dinikmati boleh :)

Jumlah mahasiswa yang diterima spesialisasi ini tiap tahunnya berubah. Disesuaikan dengan kebutuhuan instansi pengguna. Tingkat III sekarang (lulus USM tahun 2007) ada 51 orang dibagi dalam 2 kelas, tingkat II (lulus USM tahun 2008) ada 48 orang terbagi dalam 2 kelas, dan yang lulus USM tahun 2009 dan sekarang masih menjadi mahasiswa tingkat I berjumlah sekitar 216 orang yang terbagi menjadi 6 kelas. Jumlah peningkatan yang signifikan mengingat bahwa jumlah kebutuhan akan lulusan spesialisasi ini semakin meningkat. Tahun 2010 350an

Reformasi Birokrasi di bidang keuangan (atau bahasa mudahnya perubahan mind-set atau culture-set) saat ini dicanangkan demi terciptanya pengelolaan keuangan negara yang lebih baik (mengacu pada terciptanya Good Governence). Bidang Perbendaharaan negara merupakan salah satu bidang yang mendapat dampak besar dari reformasi birokrasi ini. Mengingat bahwa pengelolaan keuangan negara yang baik itu bermula dari pengelolaan perbendaharaan negara yang baik pula. Jadi tugas lulusan ini akan menjadi “lebih ekstra” kedepannya.

Tulisan ini hanyalah sekilas gambaran tentang spesialisasi Kebendaharaan Negara/Anggaran yang dibuat berdasarkan pemikiran pribadi, ngobrol dengan orang lain, artikel di internet, dan lainnya. Setiap spesialisasi memiliki tugas dan fungsi masing-masing, tapi bekerja sebagai satu kesatuan mengurusi keuangan negara. Selalu kerja bersama dan saling membutuhkan.
Buat adik-adik yang ingin akan mengisi formulir dan memilih spesialisasi di STAN, selamat memilih. Jangan terlalu risau memilih spesialisasi mana yang terbaik, karena intinya bukan terletak disitu. Kita takkan pernah tahu nilai pesaing kita, jumlah pendaftar, tren passing grade,atau jumlah pasti kuota mahasiswa per-spesialisasi yang diterima. Intinya adalah persiapkan diri, semua kelengkapan dan berkas-berkas, dan terakhir permantap NIAT :)
selamat berjuang....

0 komentar: