Jumat, 08 Juli 2011

Tata Suntara : Kita Akan Mengembangkan Foreign Exchange Management



undefined

Liputan Bimtek Aplikasi Perencanaan Kas Ditjen Perbendaharaan
Jakarta, perbendaharaan.go.id- Perencanaan Kas merupakan sebuah hal yang baru sehingga diperlukan kerja keras dan kerjasama dari semua pihak. Maka dari itu untuk memantapkannya Ditjen Perbendaharaan menggadakan Bimtek Aplikasi Perencanaan Kas dengan mengundang perwakilan dari KPPN dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan seluruh Indonesia. Bimtek ini dibagi menjadi dua angkatan, yaitu angkatan I tanggal 19 s.d 21 Juni dan angkatan II tanggal 21 s.d 23 Juni 2011.

Dalam kesempatan membuka kegiatan Bimtek Aplikasi Perencanaan Kas, Direktur PKN selaku Plt. Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Tata Suntara, menyampaikan bahwa perencanaan kas bagi satuan kerja sangat penting, maka dari itu KPPN harus menyampaikan kepada semua satker di daerah agar satker dapat membuat perencanaan kas dengan benar.

BIMTEK AFS“Kalau disatker ada yang namanya Aplikasi Forecasting Satker (AFS), di KPPN dengan nama Aplikasi Forecasting KPPN (AFK) maka dikantor pusat mempunyai Cash Planning Information Network yang  melibatkan beberapa ditjen. Jadi selain mengumpulkan data dari KPPN, Ditjen Perbendaharaan dipusat juga mengumpulkan data-data dari selon I yang terlibat dalam pelaksanaan APBN, yang data-datanya akan digabungkan menjadi perencanaan kas nasional yang akan dipakai oleh Kementerian Keuangan - Ditjen Perbendaharaan untuk mengambil sebuah kebijakan” demikian Tata Suntara menjelaskan.

“Kita selain punya rupiah juga mempunyai valuta asing yang harus dikelola,  sampai dengan saat ini kita sedang mengembangkan Foreign Exchange Management, yang akan digunakan untuk me-manage valuta asing yang miliki sehingga dapat menguntungkan bagi negara ” imbuhnya.

Kegiatan Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan, menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman tentang arti penting perencanaan kas sekaligus mengawali penerapannya yang direncanakan berlaku efektif mulai tahun 2011 bagi satker/satuan lembaga. Materi Bimtek disampaikan oleh narasumber yang berkompeten dibidangnya, M. Abdul Kobir dan Wibawa Pram Sihombing.

undefined: undefined »

0 komentar: